Selasa, 14 September 2010

KEAJAIBAN OTAK MANUSIA


PERBEDAAN antara
OTAK KIRI dan OTAK KANAN

OTAK manusia terbelah dalam dua bagian. Kedua belahan otak bertanggung jawab silang, maksudnya belahan otak kanan bertanggung jawab terhadap tubuh bagian kiri dan sebaliknya. Hal ini berarti, bila otak kanan seseorang lebih dominan, maka orang tersebut cenderung menjadi kidal atau aktif dengan bagian tubuh kiri. Kedua belahan otak sangat identik tapi berbeda fungsi. Masing-masing otak berperilaku berbeda.
Otak adalah organ tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Jika manusia diibaratkan sebuah komputer, otak adalah prosesornya.

Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar saraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu saraf lain. Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem saraf pusat.
Otak manusia terbagi menjadi dua dan dibatasi oleh celah longitudinal. Celah longitudinal disebut juga dengan celah great longitudinal atau celah longitudinal cerebral merupakan alur dalam yang memisahkan kedua belahan otak manusia.

Ada keuntungan manusia memiliki otak yang terintegrasi. Dengan dua permukaan permukaan menjadi lebih luas, yang memungkinkan untuk pertumbuhan dan pendinginan. Dengan dengan dua belahan, otak menjadi memiliki fungsi masing-masing.
Otak belahan kiri dan belahan kanan memiliki fungsi masing-masing, berikut fungsi masing-masing belahan otak:

Otak Belahan Kiri

Otak kiri dicirikan dengan karakteristik yang berhubungan dengan kemampuan analisis, logis, urutan, objektif dan rasional. Dengan karakterisitik ini, orang yang dominan menggunakan otak kiri cenderung memiliki pendekatan rasional terhadap kehidupan.

Orang yang dominan otak kiri akan lebih tertarik dengan angka, kata-kata atau simbol. Dengan cara berpikirnya yang logis dan rasional, individu dengan dominansi otak kiri cenderung melakukan kemampuan analisa dengan baik. Misalnya dalam bidang teknik atau akutansi.
Orang dengan dominasi otak kiri berpengalaman dalam perencanaan, dan orang ini jarang sekali melakukan persiapan di saat-saat terakhir.

Otak Belahan Kanan


Di sisi lain, karakteristik yang terkait dengan otak kanan adalah intuitif, acak, subjektif, holistik (secara menyeluruh) dan sintesis. Dengan karakteristik ini, orang yang dominan dengan otak kanan cenderung lebih kreatif ketimbang orang yang dominan otak kiri.
Kenyataan bahwa orang dengan dominansi otak kanan lebih cenderung menyukai aspek visual, sehingga orang-orang tersebut jarang menanggapi masalah secara rinci.
Individu dengan dominansi otak kanan cenderung lebih kreatif dan intuitif, baik di bidang seni yang kreatif, maupun di bidang-bidang lainnya. Individu tersebut memiliki waktu yang tepat untuk memprioritaskan hal-hal yang sulit, karena sebagian besar keputusan yang dibuat pada saat terakhir.
Jika dua individu diberikan beberapa kasus, satu dengan dominansi otak kanan dan yang lainnya dengan dominansi otak kiri, orang dengan dominansi otak kanan akan mulai bekerja tanpa melalui manual instruksi.
Sedangkan individu dengan dominansi otak kiri akan melakukannya melalui manual, memahami konsep, baru kemudian menangani kasus tersebut. (by: Rachmad)



KEAJAIBAN OTAK

AKAL terletak pada otak, Akal juga yang membedakan antara manusia dan binatang.Tapi tahukah anda semua bahwa otak manusia mempunyai 10 hingga 15 billion neuron. Jumlah ini melebihi 2 kali lipat dari seluruh penduduk Dunia!!! Pelik tapi Benar!!! 
Mari kita ungkap tentang keajaiban otak manusia. 
Disamping neuron, didalam otak manusia terdapat juga synaps. Synaps berfungsi sebagai penghubung antara neuron-neuron yang ada dalam otak manusia.Jumlah synaps itulah yang menentukan tahap kecerdasan otak kita.Jumlah synaps dalam otak kita biasanya berjumlah 10 trilion, tapi tak semuanya berfungsi dengan baik dan tahukah anda 25000 neuron hanyalah sebesar ujung tajam sebatang jarum?.
[bra1.jpg]
Baiklah mari kita lihat apa yang ada dalam otak serta lihat dan akui –keajaiban-keajaibannya….Berat otak lebih kurang 1.5 kg iaitu 1/40 berat badan kita.Kalau anda tak percaya coba timbang badan anda kemudian timbang kepala anda pula.(walaupun caranya macam kelakar, tapi itu satu cubaan yang baik bukan?).

Otak terbagi atas 3 bagian yaitu otak Neocartex, otak Mamalian dan otak Reptilian.Pulsa saraf dalam badan manusia bergerak dengan kelajuan 0,5 m sesaat ke 100 m sesaat (rujukan:Heimler dan Lockard).Otak Neocartex terbagi atas 2 cerebrum yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan adalah otak artistic sedangkan otak kiri adalah otak logic.
Selain itu,dalam otak kita memiliki neuron. Apa itu neuron? Neuron mengandung bahan sel yang saling bersambung antara satu sama lainnya untuk melakukan denyutan sadaf dan melakukan proses membuat keputusan diantara satu neuron dengan neurin yang lain. Keajaiban otak ini juga telah dinyatakan oleh Allah dalam firmanNya yang bermaksud:
Kemudian Ia menyempurnakan kejadiannya, serta meniupkan padanya: roh ciptaanNya. Dan Ia mengurniakan kepada kamu pendengaran dan penglihatan serta hati (akal fikiran), (supaya kamu bersyukur, tetapi) amatlah sedikit kamu bersyukur (QS: 32.9)

Dr Roger Sperry dari Institut Teknologi California pada tahun 1965 telah memberi teori bahwa otak kiri dan otak kanan yang dipercayai dan digunakan sehingga kini hanyalah baru menggunakan 10% dari potensi otak, sedangkan 90% menunggu untuk dikembangkan. Saya ingin bertanya pada anda semua, bagaimanakah kalau kita semua dapat menggunakan keseluruhan potensi kita dan adakah ia mustahil untuk direalisasikan? Secara pribadi saya mengatakan tidak mustahil kita mampu mencapai tahap sedemikian, tapi persoalannya disini ialah kapan dan siapa yang layak menjadi manusia sepintar itu?Anda? Jika anda mengatakan bahwa anda bisa, maka dalam diri anda memiliki potensi dan motivasi untuk menggapai kemustahilan itu.

Selain dari itu,otak juga boleh dikembangkan melalui ransangan  otak yang menyeluruh.Analoginya begini: Apabila kita melihat rekan kita makan eskrim dengan lahap sekali hingga menjilat-jilat jari pasti nafsu kita akan teransang untuk membelinya, walaupun  uang kita tidak mencukupi untuk membelinya.Betul gak?

Otak juga begitu, otak memerlukan ransangan untuk dikembangkan.Anda semua pasti tertanya-tanya bagaimana caranya untuk meransangnya? Menurut Dr Tuah perkara ini boleh dilakukan dengan memahamii lebih dari satu bidang dalam hidup kita semua. Dan lebih baik jika bidang tersebut tidak berkaitan langsung dan berbeda sekali antara satu sama lain. Misalnya jika anda mengambil course creative multimedia, coba anda belajar/membaca subjek pengobatan atau bidang agama yang berkaitan dengan hafalan atau yang berkaitan dengan penganalisaan. Jika proses ini berlangsung secara berkelanjutan, insyaAllah ia akan meransang otak kita. Dan perkara ini telah penulis lakukan dan Alhamdulilah ia membuahkan hasil. Pada permulaannaya anda akan berasa janggal dan membebankan pikiran anda, tapi anda akan merasa betapa nikmatnya jika anda dapat menguasai banyak bidang keilmuan dan otak anda akan lebih kreatif dan kritis.

Di dalam subjek management yang saya pelajari terdapat sub topic yang berkaitan dengan pengkhususan kerja. Kesan dari pengkhususan kerja pada mulanya ia akan menyebabkan produktiviti kita meningkat tapi lama kelamaan ia akan menyebabkan produktivitas merosot. Kenapa ia merosot karena kebosanan melakukan aktivitas yang sama dan disebabkan kebosanan itu kita akan melakukan sesuatu pekerjaan dengan sambil lewat saja. Begitu jugalah dengan otak kita, jika kita hanya menumpukan pada satu bidang/penulisan/subjek ia akan menyebabkan kita bodoh dalam bidang lain dan kita akan merasa bosan dengan apa yang kita lakukan sehari-hari dalam hidup kita. Dan kemungkinan kita akan mengalami satu penyakit otak yang dinamakan dengan nama Alzheimer karena memubazirkan peranan otaknya yang lain.

Saya ambil contoh Profesor Dr Yusuf Al-Qaradhawi, umurnya sudah mencapai 82 tahun namun ingatannya tetap berfungsi dengan baik dan semakin hebat. Kecerdasannya seakan barang antik yang semakin lama semakin mahal harganya.Heran bukan? Bagaimana beliau mampu seperti itu.Antara sebab paling nyata ialah beliau bukan saja mahir dalam bidang Agama malahan beliau juga mahir dalam bidang ekonomi (lihat Kitab Fiqh Zakat), bidang pengobatan (lihat fatwa beliau dalam bidang pengobatan), dan beliau bukan saja tahu berbahasa arab tapi juga bahasa Inggirs dan sekarang pun masih tetap aktif menulis tentang pelbagai  bidang. Boleh saya katakana bahwa beliau menggunakan seoptimum mungkin potensi otaknya dan beliau tidak berhenti tetapi senantiasa berfikir.Kalau kita lihat di dalam Quran Allah senantiasa mengingatkan kita perihal berfikir.Inilah yang perlu kita lakukan dalam seharian hidup kita yaitu agar senantiasa berfkir dan terus berfikir.

Dan akhir sekali ingin menyatakan bahwa otak adalah satu anugerah yang tidak ternilai yang dianugerahkan oleh Allah kepada hambaNYA.Disini juga saya menyediakan beberapa fakta sains dan kata-kata hikmah yang boleh dijadikan panduan kita semua.

  • Glukosa membangkitkan 20/25 watt elektrik yang membolehkan otak kita berfungsi. Otak menggunakan 2/3 daripada keseluruhan glukosa dalam badan-[Dr Roger B Yepsen dalam bukunya “how to boots your brain power”
  • Tenaga untuk belajar terpancar melalui ketenangan, Sebelum belajar letakkan otak/pikiran dalam wadah tersedia dan mood yang baik dan positif.
  • Otak memerlukan 20% pada jumlah oksigen yang diperlukan oleh setiap badan. Setiap 5 minit lebih kurang 1 pain darah mengalir kedalam otak.
  • The only educated man is the one who has learned how to learn.

Orang yang gagal ialah orang yang tidak laksanakan sesuatu tugas dengan mengikuti rancangan yang telah dirancangkannya.




5 HAL 
dan
FAKTA-FAKTA UNIK
tentang 
OTAK MANUSIA

Otak adalah titik penting dari semua mahluk, pusat pengelolaan informasi, penghubung dan pemikiran, emosi, juga aksi. Selain bagian paling utama dan penting dalam tubuh kita, otak ternyata masih paling sedikit dimengerti daripada bagian tubuh lainnya.

Otak masih menyimpan berbagai misteri yang ada dan masih tetap tidak terpecahkan sampai saat ini, misalnya mengenai ingatan, mengapa kita butuh tidur dan harus mimpi? apa itu kesadaran, semua jawaban atas pertanyaan ini belum ada jawaban tetap dan pasti. Tapi ada berbagai fakta soal otak yang sudah tersingkap, tapi tidak banyak dikenal.

Berikut 5 hal unik tentang Otak manusia :

Fakta 1: Otak mengkonsumsi sebagaian besar energi tubuh kita
Fakta-Fakta Unik Tentang Otak ManusiaWalaupun hanya memiliki berat sebesar 2% dari semua berat badan kita, otak membutuhkan 15% dari keluaran jantung dan 20% dari total asupan oksigen ke dalam tubuh. Lebih menarik lagi, sejumlah besar oksigen ini masih dibutuhkan ketika otak berisitirahat, dan masih belum diketahui juga jawaban atas pertanyaan, mengapa kebutuhan ini tetap ada. Untuk mensuplai kebutuhan ini, dibutuhkan 3 arteri utama, dan jika salah satu dari arteri ini macet, stroke adalah jawaban pasti! Selain energi, otak kita juga butuh tengkorak yang besar dan mewah jika dibandingkan dengan anggota badan lain.

Fakta 2: Otak anda sudah tumbuh sempurna di usia 7 tahun
Perkembangan rumit dan sulit sudah tidak diragukan lagi. Otak kita sudah 95% dari ukuran penuhnya pada usia 7 tahun. Perkembangan ini mungkin menjawab pertanyaan mengapa energi yang masuk ke otak pada saat usia 2 tahun sudah membutuhkan energi sebesar otak orang dewasa.
Fakta-Fakta Unik Tentang Otak ManusiaOtak pria lebih besar daripada otak wanita. Tapi, bukan berarti bahwa ada keuntungan tertentu bagi mereka yang punya otak lebih besar. Perbedaan ini muncul malah karena perkembangan tertentu di daerah tertentu. Misalnya wanita punya hippocampus yang lebih besar, yang ada kaitannya dengan bau dan ingatan, sementara pria, cenderung punya amygdala dan hypothalamus yang lebih besar.

Fakta 3: Otak tidak merasa sakit
Fakta-Fakta Unik Tentang Otak ManusiaMengapa orang bisa operasi otak tanpa dibius? Jelas banget! Otak nggak punya reseptor sakit, dan akibatnya nggak bisa ngerasa sakit sama sekali! Sakit kepala bukan karena adanya rangsangan terhadap reseptor sakit di otak, tapi di selaput otak, yang disebut durameter, yang dipenuhi dengan reseptor rasa sakit, dan durameter inilah yang merasakan sakit pada saat kita pusing. Oleh karena itu ada banyak banget macam sakit kepala, dan penyebabnya juga masih tidak jelas, jadi kalo kita ngomong penyebab utama sakit kepala, ya nggak jelas!

Fakta 4: Kita menggunakan lebih dari 10% otak
Fakta-Fakta Unik Tentang Otak ManusiaOmongan kita hanya menggunakan 10% otak kita, sama sekali nggak benar! Berbagai teknik penjejakan otak menunjukkan bahwa sebagian besar tadi nggak terus diam saja. Berbagai aktifitas rumit yang ada akan menggunakan sebagain besar otak ini. Dengan mengamati efek trauma kepala, diperlihatkan juga bahwa tidak ada area dalam otak yang dapat menderita kerusakan tanpa adanya efek. Kerusakan sekecil apapun, efeknya akan besar, jadi dengan kata lain, sebenarnya kita menggunakan sebagian besar otak kita, dan mungkin, semuanya!

Fakta 5: Sel otak beregenerasi
Fakta-Fakta Unik Tentang Otak ManusiaMisteri, tentunya berasal dari berbagai mitos. Hal lain yang mungkin kita tahu soal otak, dan selama seabad ini berkembang, mengatakan bahwa sel otak tidak beregenerasi. Tapi, selama satu dekade belakangan, diketahui bahwa sel otak dapat memperbaiki diri.
Dengan mengetahui fakta-fakta unik tentang Otak manusia diatas semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang otak, walaupun kenyataannya otak masih sulit dimengerti.
Sumber : http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2010/03/5-hal-unik-dari-otak-kita.html
Gambar dari berbagai sumber.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar